Web Programming dalam Pembuatan Web

posted in: Kursus Website | 0

Situs web adalah kumpulan halaman HTML yang disimpan di sebuah server web. Halaman HTML pada dasarnya merupakan file teks biasa yang berisi tag-tag tertentu, seperti tag <html>, <head>, <body>, <table>, <p>, dan seterusnya. Karena halaman html adalah file teks biasa, maka ia bersifat statis (tidak berubah atau merespon pengunjung situs web).

Agar sebuah halaman web menjadi dinamis, diperlukan tambahan program yang disebut web programming. Dengan program ini, maka sebuah halaman web dapat merespon permintaan pengunjung, seperti: menampilkan data dari database, pencarian, filter, dan lain sebagainya.*

*) Tapi tidak semua developer setuju dengan definisi ini, banyak diantaranya yang menganggap bahwa pembuatan kode html masih termasuk dalam web programming.

Bahasa pemrograman pada halaman HTML dapat dikelompokan menjadi dua:

  • Server side script, yaitu program yang disimpan dan eksekusi/dijalankan oleh server web. Umumnya digunakan untuk mengakses dan menampilkan data dari database. Contoh kelompok bahasa pemrograman jenis ini adalah PHP, ASP, dan JSP.
  • Client side script, yaitu bahasa program yang dieksekusi/dijalankan oleh browser. Fungsinya lebih banyak untuk animasi dan meningkatkan user-friendly sebuah halaman web. Bahasa pemrograman client side script adalah Javascript (berbeda dengan bahasa pemrograman java).

Dalam halaman html, bahasa pemrograman disisipkan diantara kode-kode html. Berikut adalah contoh pemakaian kode PHP pada sebuah halaman web:

contoh kode php pada halaman web html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dasar-dasar bahasa pemrograman PHP bisa dilihat pada [link ke kursuswebmaster-php]

Berikut adalah contoh kode javascript pada sebuah halaman html