Table Microsoft Excel (Bag-1)

Table adalah range excel persegi yang berisi data yang terstrukur. Setiap baris pada table merupakan satu entity data. Pada tabel microsoft excel, baris pertama mempunyai nama kolom yang mencerminkan isi isi kolomnya masing-masing. Contoh, pada tabel karyawan, baris pertama berisi nama kolom: Nama, Nomor Induk, Department. Maka setiap baris berikutnya, akan mempunyai isi kolom yang seragam, yang terdiri dari nama karyawan, nomor induk karyawan, dan department masing-masing karyawan. Manfaat table adalah untuk mempermudah pekerjaan dan memformat tampilan lebih baik.

Membuat Table

Umumnya proses pembuatan table microsoft excel akan berawal dari Range yang telah ada. Berikut adalah langkah membuat table dari Range:

  1. Pastikan bahwa sumber Range sumber tidak berisi baris atau kolom yang sepenuhnya kosong.
  2. Pilih Cell mana saja dalam Range tersebut
  3. Pilih pada tab Ribbon, Insert => Tables => Table
  4. Tabel akan merespon dengan memunculkan dialog tabel yang menampilkan tebakan range yang akan dibuat menjadi table. Jika tebakan range kurang tepat, bisa langsung diperbaiki.
  5. Pastikan apakah range sumber memiliki header atau tidak, jika tidak maka kotak My Table has headers jangan di centang. (Nantinya tabel yang terbentuk akan memiliki header defult Column 1, Column 2, dst)
  6. Jika sesuai, klik OK.

membuat table microsoft excel dari range

Merubah Tampilan Table

Setelah table dibuat, Excel akan memasang tema Default. Untuk merubah tampilan sesuai dengan selera Anda, pilih satu Cell pada table, kemudian pilih Table Tools => Design => Table Styles. Untuk menampilkan seluruh pilihan Table Style, pilih tombol More pada bagian kanan bawah tab Ribbon.

microsoft excel table style

Bekerja dengan Table

Bekerja dengan table microsft excel tidak ada bedanya dengan range biasa, hanya saja saat menekan tombol Tab di keyboard, pointer akan selalu ke bergerak ke cell sebelah kanan, dan kembali ke awal setelah cell terakhir.

Untuk menambah data pada tabel, dapat dilakukan dengan cara:

  • Simpan pointer cell tepat di sebelah kanan tabel (setelah kolom terakhir), tulis data, klik Enter. Table akan otomatis bertambah satu kolom ke kanan.
  • Simpan pointer cell tepat di bawah tabel (setelah baris terakhir), tulis data, klik Enter. Tabel akan otomatis bertambah satu baris ke bawah.
  • Untuk menyisipkan kolom atau baris pada tabel yang ada, simpan pointer pada Cell yang akan disisipkan data, kemudian klik kanan, pilih Insert => Table Column to the Left atau Insert => Table Rows Above

Mengubah Ukuran Table

Untuk mengubah ukuran table, simpan pointer mouse pada sudut kanan bawah, setelah bentuk pointer berubah menjadi diagonal, klik tombol kiri mouse, kemudian drag untuk memperbesar ukuran table.

Menghapus Data Table

Untuk menghapus data pada table, simpan pointer pada cell, kemudian klik kanan, pilih menu Delete => Table Column atau Delete => Table Row

Leave a Reply