Spesialisasi Web Designer: GENERALIST, VISUAL, UX, INTERAKTIF, MOTION, DEVELOPER

kursus-web-design-spesialisasi

Dalam video trainingnya yang berjudul Web Design Fundamentals di lynda.com, James Williamson memaparkan bahwa seorang web designer dapat mempunyai cakupan keahlian (dan jenis pekerjaan) yang luas. Mereka dapat mengambil spesialisasi keahlian sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

  • GENERALIST, yaitu orang yang kuat dalam banyak keahlian dasar dalam web design, seperti HTML, Javascript, CSS, dan User Interface.
  • VISUAL DESIGNER, web designer yang perhatian utamanya pada aspek visual dari web design. Seperti warna, typography (pemilihan huruf), layout. Membuat design grafis menjadi keahliah utama kelompok ini. Keahlian dasar utama kelompok ini adalah: HTML, CSS, Typography, Pengolahan Grafis seperti Photoshop, dan Adobe Illustrator.
  • UX DESIGNER, web designer yang fokus dan memahami dengan baik kebiasaan pengunjung web dan cara interaksi mereka, sehingga dapat membuat desain yang memasukan unsur tersebut pada hasil karyanya. Keahlian dasar yang dikuasainya terdiri dari: HTML, CSS, dan User Interface.
  • INTERACTIVE DESIGNER, yaitu web designer yang memiliki keahlian yang fokus pada membuat interface/antarmuka yang dapat interaktif dengan pengunjung serta dapat berinteraksi dengan efektif. Keahlian dasar yang dikuasainya: HTML, CSS, Javascript, Javasript Framework, User Interface.
  • MOTION GRAPHICS DESIGNER, yaitu web designer yang fokus pada pembuatan interace yang interaktif dengan penggunanya serta berinteraksi dengan efektif dengan memanfaatkan animasi. Keahlian dasar yang dikuasainya: HTML, Javascript, Flash, Canvas (HTML5).
  • FRONT END DEVELOPER, yaitu designer sekaligus developer yang dapat mengontrol logika/alur program sebuah situs melalui kode/skrip pemrograman di server web. Keahlian dasar yang dikuasainya: HTML, CSS, Javascript, CMS, PHP.