Microsoft Excel Protected View

Protected View adalah fitur baru di Excel 2010. Fitur ini akan melindungi Anda dari malware, yaitu program yang dapat membahayakan komputer anda. Microsoft Excel Protected View pada dasarnya adalah mencegah serangan malware dengan cara file dibuka dalam mode ‘aman’.

Jika Anda menggunakan Excel 2010, saat membuka workbook Excel yang berasal dari internet, Anda akan melihat pesan berwarna di atas bar Formula. Selain itu, Excel juga menampilkan menampilkan tulisa [Protected View]. Jika Anda yakin bahwa file tersebut aman, klik Enable Editing. Jika Anda tidak mengaktifkan pengeditan, Anda tetap akan dapat melihat isi workbook, tetapi Anda tidak akan dapat membuat perubahan (mengedit).

Jika workbook berisi makro, Anda akan melihat pesan lain setelah Anda mengaktifkan editing: Security Warning. Macros have been disabled. Jika Anda yakin bahwa makro tidak berbahaya, klik Enable Content.

Microsoft Excel Protected View ini muncul secara otomatis karena hal-hal berikut:

  1. File didownload dari Internet
  2. Membuka Lampiran dari Outlook 2010
  3. Membuka file dari lokasi tidak aman, misalnya: folder Temporary Internet Files
  4. File yang dikategorikan masuk dalam File Block Policy
  5. File memiliki digital-signed tapi expire

Jika dalam situasi seperi itu ada perlu mencetak, tinggal pilih File => Print, dan kemudian klik tombol Enable Printing.

Bagiamana Disable Protected View?

Untuk mengubah setting Microsoft Excel Protected View, pilih File => Options, dan klik Trust Center. Kemudian klik tombol Trust Center Settings, dan klik Protected View tab dalam Trust Center dialog box. Disana Anda dapat melakukan remove atau disable protected view.

microsoft excel protected view - how to disable

Leave a Reply