Formula Excel (Bag.2)

Tutorial Excel Memasukan Fungsi ke dalam Formula

Dalam tutorial excel ini akan dibahas beberapa cara untuk memasukan formula Excel pada formula bar.

1. Menggunakan Autocomplete

Cara termudah untuk memasukan fungsi ke dalam formula Excel adalah dengan AutoComplete, yaitu daftar Drop-down fungsi yang muncul saat mengetik formula pada Formula Bar. Akan tetapi cara ini hanya bisa dilakukan jika kita tahu minimal satu huruf dari fungsi yang akan dipakai.

formula excel autocomplete

2. Menggunakan Function Library group

Cara berikutnya adalah Function Library group dari formula tab. Cara ini dilakukan jika kita tidak ingat atau masih belum tahu fungsi mana yang akan dipakai. Langkahnya, klik tab Formulas, Klik function Category (misalnya Text), kemudian klik fungsi yang akan dipakai.

Ms Excel segera akan menampilkan Argument Dialog Box untuk mengisi argument fungsi tersebut.

formula excel function library group

3. Menggunakan Insert Function Dialog Box

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan Insert Function Dialog box. Caranya, letakan pointer pada Cell yang akan dimasukan formula excel. Kemudian klik tombol fx yang ada disebelah formula bar, atau dengan tombol shortcut [Shift]-[F3]. Insert function akan menampilkan daftar fungsi berdasarkan kategori.

Dengan menggunakan insert function, kita juga bisa menggunakan fungsi pencarian dengan mengetik kata-kunci atau termin pada Search for function, kemudian klik Go.

formula excel insert function dialog box

Mengedit Formula

Mengedit formula dapat dilakukan dengan beberapa cara:

  • Pilih Cell yang akan diedit formulanya, kemudian klik di formula bar.
  • Pilih Cell yang akan diedit formulanya, kemudian klik F2
  • Double klik Cell
  • Jika Cell memiliki formula yang menghasilkan error, Excel akan menampilkan segitiga kecil dibagian kiri atas, yang disebut Smart Tag. Klik Smart Tag ini, kemudian pilih opsi untuk membetulkan formulanya.

Memperbaiki Formula yang menghasilkan Error

Formula yang menghasilkan error dalam Ms Excel akan menampilkan Cell dengan awal karakter # (hash). Dalam kasus yang lain, bisa saja Ms Excel tidak mengijinkan kita mengetikan formula yang mengandung error tersebut, atau bahkan menampilkan dialog box yang berisi saran perbaikan. Error juga bisa muncul jika formula tersebut menggunakan referensi cell yang telah mengandung error.

Tabel berikut menampilkan daftar tipe error yang terdapat pada Ms Excel.

Nilai Error Keterangan
#DIV/0 Formula berisi rumus yang berusaha membagi angka dengan nol
#NAME? Formula menggunakan Nama yang tidak ada. Hal ini biasa terjadi jika refernsi Nama yang sebelumnya dipakai terhapus.
#N/A Formula menggunakan referensi pada Cell yang menggunakan fungsi yang menghasilkan output NA (misalnya output fungsi VLOOKUP yang bisa menghasilkan NA)
#NULL! Formula menggunakan interseksi pada dua Range yang tidak beririsan
#NUM! Masalah dengan nilai yang ada, misanya menggunakan nilai negative padahal diharapkan nilai positif
#REF!  Formula menggunakan referensi Cell yang tidak valid
#VALUE! Formula memasukan argument atau operand dengan tipe yang salah.

Hindari Circular Reference

Jika pesan Circular Reference Warning ini muncul, berarti formula yang kita gunakan menggunakan referensi yang sifatnya circular, baik secara langsung maupun tidak langsung. Yang dimaksud dengan Circular Reference adalah formula yang menggunakan argumen berasal dari hasil formula itu sendiri. Contoh sederhana misalnya Cell B1 diisi dengan formula =B1+1

 

Leave a Reply